Pelatihan BBLKI Serang BAnten

Guru dan Santri Nurul Ilmi Ikuti Pelatihan di BBLKI

SERANG/nurul-ilmi.com – Sebanyak satu ustadzah dan tiga santri Pondok Pesantren Nurul Ilmi sedang mengikuti pelatihan menjahit atas kerjasama Pondok Pesantren Al-Manshur Darunnajah 3 dengan Balai Besar Latihan Kerja (BBLKI) Serang. Pelatihan dengan 160 jam tersebut telah dimulai pada tanggal 1 Mei 2012 dan akan berakhir pada 25 Mei 2012.

“Alhamdulillah anak-anaknya cepat nangkap dan ngak rewel” ujar instruktur menjahit Hj. Hayati saat ditemui di BBLKI (Sabtu, 16/5/2012) lebih lanjut, “targetnya semua bisa dua model, rok dan baju” imbuhnya.

Balai Besar Latihan Kerja Industri (BBLKI) Serang atau dikenal dengan Serang Industrial Training Institute (SITI), mempunyai visi, menjadi pusat pelatihan tenaga kerja yang profesional dan berkulitas bidang industri, dengan motto “Kami Peduli Masa Depan Anda”. BBLKI sendiri mempunyai lima misi sebagai berikut; (1) Mengembangkan sistem dan metode pelatihan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. (2) Mengimplementasikan sistem dan metode pelatihan kerja bidang industry (3) Meningkatkan kualitas SDM, sarana dan prasarana pelatihan sesuai dengan perkembangan iptek. (4) Mengembangkan jejaring kerjasama dan komunikasi antar lembaga. (5) Meningkatkan pemberdayaan lembaga pelatihan dan pengabdian masyarakat.

Sesuai dengan visi, misi dan motto tersebut, BBLKI serang turut serta mengembangkan sumber daya manusia di lingkungan pesantren. Sumber daya manusia (disingkat SDM) merupakan potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

Banyak program BBLKI yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sumber daya manusia di lingkungan pesantren, diantara program BBLKI tersebut adalah pelatihan processing, pelatihan menjahit, pelatihan komputer, pelatihan teknisi handpnone, kelistrikan, otomotif dan masih banyak lagi program-program BBLKI yang pro terhadap pengembangan sumber daya manusia di lingkungan pesantren.

Beberapa santri dan guru Pondok Pesantren Nurul Ilmi telah mengikuti program yang diadakan oleh BBLKI, diantaranya pada bulan Nopember-Desember 2011 yang lalu, 1 guru dan 1 santri mengikuti pelatihan otomotif roda dua. Pada bulan Maret-April 2012, 1 guru mengikuti pelatihan teknisi computer, dan 1 guru lagi mengikuti web design, dan pada bula Mei 2012 ini sebanyak 1 guru dan 3 santri mengikuti pelatihan menjahit, dan nanti pada akhir Mei 2012 ini 1 guru mengikuti pelatihan teknik jaringan internet. Dan pada bulan Juni 2012 nanti akan diadakan pelatihan processing pembuatan tahun dan tempe.

About these ads
By cahayailmuabadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s